Selasa, 12 Mei 2015

Manfaat Dan Khasiat Buah Markisa

Manfaat Dan Khasiat Buah Markisa, Buah markisa adalah tumbuhan yang termasuk dalam genus passiflora dan berasal dari daerah tropis dan sub-tropis di benua Amerika. Tanaman markisa berasal dari wilayah sekitar Brasil. Beberapa jenis markisa yang dibudidayakan di Indonesia adalah markisa Ungu, markisa Konyal, markisa Kuning dan markisa Erbis. Buah markisa mempunyai banyak sekali manfaat buah markisa untuk kesehatan. Khasiat buah markisa kaya akan kandungan fosfor, zat besi, kalsium, potassium, vitamin A, sodium, vitamin C dan magnesium yang merupakan senyawa yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh serta membantu tubuh dalam melawan berbagai macam jenis penyakit.
khasiat buah markisa

buah markisa

Manfaat Dan Khasiat Buah Markisa

1. Mencegah Kanker

Buah markisa kuning banyak mengandung fitokimia yang memiliki manfaat untuk melawan serta membunuh sel-sel kanker. Oleh karena itu, buah markisa juga bermanfaat sebagai obat alami anti kanker. Beberapa kandungan yang terdapat pada fitokimia pada bua markisa kuning adalah harman, passaflorine, harmalin, harmol, viteksin, karotenoid, harmine, krisin, dan isoviteksin.

2. Menjaga Kesehatan

Sumber antioksidan. Buah markisa merupakan buah dengan tinggi kandungan antioksidan yang cukup ampuh melawan berbagai macam penyakit seperti kanker dan peradangan.

3. Menjaga Tulang, Gigi dan Fungsi Otak

Kaya akan Beta karoten. Kandungan beta karoten dalam buah markisa dapat mendorong perkembangan tulang dan gigi, perbaikan jaringan tubuh, mengurangi risiko arthritis, penyakit Parkinson dan depresi.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah markisa  bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam masalah pencernaan seperti sembelit. buah ini juga merupakan obat yang sangat baik untuk pengobatan hyperacidity, lambung dan ulkus duodenum.

5. Menurunkan Kolesterol

Mengandung folat. buah markisa diketahui merupakan salah satu dari makanan yang mengandung asam folat cukup baik, asam folat berfungsi untuk menjaga kesehatan mental dan otak, serta dapat mencegah terjadinya cacat pada bayi selama masa kehamilan sang ibu. Selain itu, asam folat juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan sirkulasi.

6. Mencegah Anemia

Buah markisa kaya akan kandungan zat besi. Dalam 1 cangkir buah markisa mengandung sekitar 4 mg zat besi. yang mampu mencegah anemia.

7.  Meringankan Asma

Buah markisa memiliki nutrisi yang dapat meringankan serangan asma. Selain karena buah ini mengandung vitamin C, markisa juga memiliki efek memblokir histamin yang menyebabkan gejala penyakit asma.

8. Menjaga Kestabilan Jantung dan Tekanan Darah

Mengandung tinggi kalium. Buah markisa sangat kaya akan kalium . Dalam 100 gram buah markisa mengandung sekitar 348 mg kalium. Kalium merupakan komponen yang sangat penting  untuk membantu mengatur detak jantung dan kestabilan tekanan darah.

9. Meningkatkan Stamina

Membantu menstabilkan berat badan. Buah markisa dapat membantu dalam menurunkan berat badan karena mengandung  rendah kalori, sodium dan lemak. Walaupun rendah kalori dan juga lemak Buah markisa juga kaya akan karbohidrat dan gula alami yang dapat secara cepat meningkatkan stamina anda setelah lelah beraktifitas.

10. Melancarkan Pencernaan

Buah markisa merupakan sumber serat yang sangat baik. Dalam 100 gram buah amrkisa mengandung 10,4 g atau 27 % serat . Serat sangat dibutuhkan untuk diet dan membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Selain itu serat dalam buah markisa juga dapat  membantu melindungi selaput lendir usus dengan cara mengurangi paparan zat-zat beracun di dalam usus besar serta mengikat bahan kimia yang merupakan penyebab terjadinya kanker di usus besar

Kandungan Gizi Buah Markisa

asam sitrat, asam askorbat, niasin, riboflavin, tiamin, zat besi, karoten, fosfor, mineral, kalsium, serat, energi, lemak dan protein. Semua zat yang terdapat dalam buah markisa sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu kinerja seluruh organ serta membantu metabolisme tubuh.

Tentu saja banyak Manfaat dan khasiat buah markisa yang sebelumnya belum pernah sobat docter buah tau kan. Tetap sehat dengan mengkonsumsi buah markisa ya. Baca artikel juga tentang manfaat buah blueberry.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Dan Khasiat Buah Markisa