Senin, 11 Mei 2015

Manfaat Buah Blueberry Dan Khasiat Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Blueberry Dan Khasiat Untuk Kesehatan, Blueberry adalah buah yang masuk dalam keluarga tanaman Vaccinium. Buah blueberry memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Hal inilah yang membuat banyak manfaat buah blueberry untuk kesehatan. Selain itu khasiat buah blueberry untuk kesehatan juga diperlihatkan dari kandungan nutrisi dan vitaminnya yang mampu untuk menjaga fungsi otak, serat yang terdapat pada buah blueberry dapat membantu dalam melancarkan pencernaan. dan fungsi yang lainnya adalah buah blueberry ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Buah blueberry merupakan tanaman asli dari benua Amerika bagian utara.
khasiat buah blueberry

buah blueberry

Manfaat Dan Khasiat Buah Blueberry

1. Mengurangi Kolesterol Jahat

Antioksidan yang terkandung dalam buah blueberry dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, selain itu blueberry mampu mencegah darah tinggi dan jantung. Radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker dapat netralisasi oleh kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah blueberry ini.

2. Mencegah Diabetes dan Menurunkan Kadar Gula Darah

Blueberry terbukti mampu mengurangi timbunan lemak dalam perut. Selain itu, blueberry juga berkhasiat meningkatkan kadar glukosa dan insulin dalam tubuh. Blueberry adalah buah dengan dengan indeks glikemik rendah. Sehingga buah blueberry memiliki peran dalam membantu mengatur gula darah, terutama bagi para penderita diabetes.

3. Mencegah Serangan Jantung

Blueberry mengandung bahan yang baik untuk kesehatan jantung. Menjaga zat nitrit oksida yang membuat dinding arteri tetap fleksibel sehingga mencegah terjadinya penyakit jantung. Makan 3 porsi blueberry atau lebih setiap minggu dapat mengurangi risiko penyakit jantung pada wanita. Buah ini mengandung kadar senyawa yang tinggi yang bisa membantu memperlebar arteri.

4. Mencegah Kanker

Kandungan phytonutrient yang terdapat pada buah blueberry, membantu mencegah kanker usus dan kanker rahim. Senyawa fenolik yang terkandung dalam blueberry diketahui dapat menghambat proliferasi sel kanker usus besar dan menginduksi apoptosis.

5. Menjaga Fungsi Otak

Mengkonsumsi satu cangkir jus buah blueberry secara rutin dapat mengurangi stress pada otak dan mencegah penyakit gangguan fungsi otak yakni Alzheimer atau dementia. Selain itu kemampuan dalam belajar juga akan meningkat dengan konsumsi blueberry setiap hari secara rutin. Hal ini dikarenakan buah bluberry mengandung flavonoid yang bisa mengaktifkan bagian dalam otak yang berperan dalam mengontrol dan memperkuat ingatan.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Blueberry merupakan obat yang tepat untuk mencegah dan mengobati infeksi dan penyakit yang berkaitan dengan fungsi retina dan membantu mengontrol penglihatan agar selalu tajam. Masalah ocular juga dapat ditangani dengan mengkonsumsi blueberry secara regular. Senyawa dalam blueberry yang dikenal sebagai anthocyanosides, dalam studi klinis telah diketahui dapat memperlambat merosotnya daya penglihatan.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Berbagai macam vitamin (A, B, C dan E) dan antosianin yang terkandung didalam buah blueberry turut membantu meningktakan kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan yang lebih banyak dibandingkan dengan buah segar lainnya memiliki peran dalam membantu menguatkan sistem imun dengan menetralisir radikal bebas.

8. Menyehatkan Tulang

Buah blueberry mengandung bahan manganese yang baik untuk tulang sehingga ampuh dalam menguatkan tulang. Mengkonsumsi buah blueberry secara rutin dapat membantu menguatkan tulang serta menghindarkan diri dari risiko tulang keropos.

9. Melancarkan Pencernaan

Serat yang terkandung dalam buah blueberry memiliki banyak manfaat khususnya bagi pencernaan, yakni mencegah konstipasi. Selain itu kandungan vitamin, asam dan fruktosa membantu masalah gangguan pencernaan. Serat larut yang terkandung dalam blueberry mampu menyerap hingga 15 kali beratnya sendiri dalam air sehingga hal tersebut bisa meningkatkan cairan ke usus dan melancarkan pencernaan.

10. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Blueberry juga dikenal mampu mencegah infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih sering terjadi karena pertumbuhan bakteri E. coli dan bakteri lainnya di dekat dinding bagian dalam saluran kemih.

11. Melindungi Kulit

Masker blueberry untuk facial bisa membantu memperbaiki dan melindungi kulit dari bahaya yang disebabkan karena stress dan paparan sinar matahati. Selain itu pemakaian masker blueberry secara rutin juga membuat kulit menjadi lembut, kenyal, dan terlihat sehat.

12. Anti Penuaan (Anti Aging)

Antioksidan yang terkandung dalam blueberry membantu mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas dianggap bertanggung jawab atas penuaan tubuh. Makanan yang kaya antioksidan dengan demikian menciptakan efek anti penuaan. Tingginya kandungan vitamin C dalam blueberry juga membantu dalam memperlambat proses penuaan.

13. Menurunkan Lemak Berlebih

Blueberry mengandung polyphenol yang bermanfaat dalam menurunkan lemak berlebih di sekitar perut serta juga dapat membantu mengatasi permasalahan pada metabolisme tubuh. Buah ini sangat cocok untuk menemani program diet yang sedang dilakukan karena kandungan kalorinya yang rendah.

Kandungan Buah Blueberry

Mineral (mangan, kalsium, fosfor, besi, kalium, dan seng)
Vitamin B1, B2, B3, dan B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K
Karbohidrat
Lemak
Antioksidan alami yang sangat baik bagi tubuh
Antosianin
Proantosianidin
Resveratrol
Flavonol
Tanin.

Manfaat buah blueberry dan khasiat untuk kesehatan ternyata sangat banyak sekali bukan, tidak hanya untuk kesehatan tubuh manusia, tapi buah blueberry juga bermanfaat untuk kecantikan sobat docter buah. Baca juga artikel lainnya seperti khasiat buah blackberry.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Buah Blueberry Dan Khasiat Untuk Kesehatan