Sabtu, 09 Mei 2015

Khasiat Buah Blackberry Bermanfaat Bagi Kesehatan

Khasiat Buah Blackberry Bermanfaat Bagi Kesehatan, Buah Blackberry adalah keluarga buah berry, berbentuk bulat kecil dengan warna biru agak keunguan apabila sudah matang. Buah Blackberry banyak tumbuh subur di daerah Amerika, tepatnya di wilayah Amerika utara bagian timur. Selain itu, di daerah dengan iklim sedang seperti di negara Eropa dan pasifik selatan juga banyak ditemukan tumbuhan blackberry. Buah blackberry termasuk dalam kerajaan plantae dan masuk dalam kesatuan genus rubus. Tanaman blackberry biasanya mampu hidup hingga usia 2 tahun. Tanaman buah blackberry ini bisa disebut juga dengan semak berduri. Buah blackberry dan blueberry adalah buah dari keluarga yang sama, khasiat buah blackberry dan blueberry dengan banyak nutrisi seperti vitamin, mineral, anti -oksidan, dan serat yang penting untuk menjaga kesehatan yang optimal . Keduanya juga merupakan buah yang mengandung rendah kalori, namun terkenal akan tingginya manfaat antioksidan. Manfaat buah blackberry ada banyak sekali selain itu buah blackberry memiliki sifat-sifat yang baik untuk menjaga keseimbangan tubuh. Buah blackberry mampu menyerap radikal oksigen (Orac) untuk melawan radikal perosokil, hidrogen peroksida, superoksida, singlet oksigen, dan radikal hidroksil.
khasiat buah blackberry

buah blackberry

Manfaat Buah Blackberry Untuk Kesehatan

1. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Buah blackberry mengandung anthocyanin yang bisa juga disebut sebagai sekumpulan pigmen yang memiliki sifat manfaat antioksidan. Kandungan anthocyanin tersebut mampu menghambat pertumbuhan sel tumor. Selain itu kandungan flavonoid yang dimiliki buah blacberry atau bisa juga disebut C3G, berfungsi untuk melawan kanker kulit dan juga kanker pada paru-paru.

2. Mencegah terkena kanker serviks

Selain membantu mencegah pertumbuhan tumor dan kanker pada kulit dan paru-paru, buah blackberry juga memiliki senyawa phytoestrogens yang merupakan senyawa yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker serviks dan kanker payudara.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah blackberry kaya akan manfaat vitamin C, bahkan lebih banyak dari berry lainnya seperti blueberry hingga 2 kali lipatnya. Ursula Arens, seorang pakar gizi dari Inggris mengungkapkan bahwa vitamin C sangat penting bagi tubuh. Vitamin C mampu untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

4.  Mencegah penyakit jantung

Kandungan serat yang tinggi pada buah blackberry akan membantu pembuluh darah mengedarkan darah menjadi lebih lancar. Hal ini sangat baik untuk membuang kolesterol yang menghambat peredaran darah. Kolesterol jahat yang menumpuk akan membuat resiko penyakit jantung lebih besar. Konsumsi buah blackberry, turut membantu membuang kolesterol yang tidak dibutuhkan tubuh sehingga membuat jantung lebih sehat.

5. Mengurangi resiko diabetes

Kandungan antioksidan pada buah blackberry turut membantu penangkalan radikal bebas dalam tubuh. Sifat Antioksidan tersebut membantu tubuh agar terhindar daru resiko terkena diabetes.

6.  Mengurangi Hipertensi

Kandungan antioksidan dan serat yang tinggi membuat tekanan darah menjadi lebih lancar dan mengusir kolesterol jahat yang menghambat peredaran darah.

7. Mengurangi resiko anemia

Kandungan Vitamin C dalam buah blackberry akan membuat menurunkan resiko terkena Anemia. Vitamin C seperti kita tahu mampu meningkatkan penyerapan manfaat zat besi yang terdapat dalam makanan yang masuk ke dalam lambung. Kandungan zat besi yang terpenuhi dalam darah akan menurunkan resiko terkena penyakit anemia.

8. Menjaga fungsi organ pencernaan

Pendapat lain yang diungkapkan oleh Arens bahwa blackberry memiliki kandungan serat yang sangat tinggi hingga memenuhi 21% dari kebutuhan harian tubuh akan serat. Asupan serat yang tinggi akan membantu usus berfungsi dengan baik dalam mencerna makanan.

9. Mampu melindungi mata

Manfaat buah blackberry juga bisa melindungi organ penglihatan dari pembentukan pigmen makula. Buah blackberry memiliki kandungan luein yang mencegah pembentukan pigmen yang sangat mudah tumbuh di daerah belakang retina yang banyak menerima rangsangan cahaya. Kandungan lutein pada blackberry juga turut membantu mencegah kerusakan mata akibat terlalu banyak terkena matahari sehingga menimbulkan radiasi ultraviolet pada mata.

10. Menyembuhkan luka

Buah Blackberry memiliki kandungan senyawa tanin yang sangat banyak sehingga membantu proses penyembuhan luka lebih cepat. Sarah wilson, ahli gizi dari rumah sakit Princess Grace, London, mengungkapkan bahwa dengan mengoleskan buah berry termasuk blackberry pada jaringan kulit yang terluka akan membuat jaringan luka menyempitkan pembuluh darah, serta membantu menurunkan pendarahan yang terjadi.

11. Meningkatkan pertumbuhan sel

Buah blackberry mengandung manfaat vitamin B, terutama vitamin B9 atau bisa juga disebut asam folat. Vitamin B9 dalam tubuh akan berperan dalam proses pembelahan hingga pertumbuhan sel yang sehat. Proses regenerasi sel sehat bisa di tunjang dengan kandungan Vitamin B9 yang tercukupi, seperti dengan konsumsi buah blackberry. Oleh karenanya banyak pakar yang menganjurkan bagi calon ibu yang sedang hamil sebaiknya mengkonsumsi sumber asam folat ini, agar mengurangi resiko bayi lahir cacat.

12. Pertumbuhan tulang

Buah blackberry memiliki kandungan mangan yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya untuk membangun struktur tulang yang kuat, selain manfaat kalsium. Segenggam buah blackberry memberikan asupan mangan yang di butuhkan tubuh setiap harinya.

13. Kesehatan Kulit

Tahukan Anda bahwa buah blackberry digunakan juga untuk pemanfaatan kecantikan kulit. Dengan ramuan yang terbuat dari blackberry akan membantu kulit lebih nampak sehat dan terhindar dari keriput.

14. Memperlancar BAB

Manfaat praktis yang nyata bisa dirasakan dengan mengkonsumsi manfaat buah-buahan berry ini adalah untuk memperlancar BAB Anda. Kandungan serat yang sangat tinggi dari buah sangat membantu memperlancar proses BAB kita setiap harinya.

Kandungan Nutrisi Buah Blackberry

Sumber Vitamin

Blackberry segar merupakan sumber vitamin C yang cukup baik ( 100 g buah mengandung 23 mg, atau 35 % dari total kebutuhan harian direkomendasikan) . Vitamin C merupakan antioksidan alami yang kuat.
Blackberry juga mengandung vitamin A ,vitamin E, dan vitamin K per-100g ( 16 % dari total kebutuhan harian direkomendasikan) . Di samping itu, buah berry kaya antioksidan fenolik seperti lutein, zea – xanthin, dan betakaroten.
Blackberry Mengandung kadar sedang  kelompok vitamin B kompleks, seperti piridoksin, niasin, asam pantotenat, riboflavin, dan asam folat. Vitamin ini bertindak sebagai kofaktor yang membantu tubuh untuk memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak .

Mineral

Blackberry mengandung mineral seperti kalium, mangan, tembaga, dan magnesium dengan kadar yang cukup baik. Tembaga diperlukan tubuh untuk metabolisme tulang, serta dalam produksi sel darah putih dan sel darah merah.

Kalori

Blackberry sangat rendah kalori . 100 g buah hanya menyediakan 43 kalori. Meskipun demikian, blueberry kaya serat larut dan tidak larut (100 g buah mengandung 5,3 g atau 14 % dari total kebutuhan harian yang direkomendasikan) .

Antioksidan

Blackberry mengandung fitokimia antioksidan flavonoid seperti anthocyanin, asam ellagi, tannin, quercetin, asam galat, cyanidins, pelargonidins, catechin, kaempferol dan asam salisilat. Studi telah menunjukkan bahwa senyawa antioksidan ini mungkin memiliki manfaat yang potensial untuk melawan kanker, penuaan, peradangan, dan penyakit saraf.

Nutrisi lain

Xylitol adalah gula rendah kalori dalam serat, yang lebih lambat diserap menjadi glukosa di dalam usus, dan dengan demikian tidak akan menyebabkan fluktuasi kadar gula darah.

Khasiat buah blackberry dan manfaat buah blackberry ternyata sangat banyak yang sudah diulas dalam khasiat buah blackberry bermanfaat bagi kesehatan sobat docter buah. Baca juga artikel tentang Manfaat buah delima merah untuk kesehatan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Khasiat Buah Blackberry Bermanfaat Bagi Kesehatan