Jumat, 08 Mei 2015

Manfaat Kesehatan Buah Delima Merah Pomegranate

Manfaat Kesehatan Buah Delima Merah Pomegranate, Buah delima adalah punica granatum yaitu nama bional dari pomegranate yang merupakan tanaman buah yang berasal dari wilayah timur tengah, Iran dan sekarang buah delima merah atau buah pomegranate ini banyak di tanam dan dikembang biakkan di daerah Mediterania, Cina serta negara-negara di Asia tenggara. Buah delima memiliki 3 jenis buah yaitu buah delima merah atau dikenal sebagai pomegranate, buah delima ungu, dan buah delima putih. Buah delima merah atau pomegranate mempunyai kandungan zat punicalagins yang sangat tinggi. Zat Punicalagins ini adalah sebuah komponen antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dan mencegah terjadinya penyakit. Kandungan anti oksidan yang terdapat di dalam Pomegranate, dua sampai tiga kali lebih banyak dibandingkan pada teh hijau. Buah ipomegranate juga mempunyai kandungan vitamin B, vitamin C, kalsium dan fosfor. Selain buah delima bermanfaat untuk kesehatan, ternyata buah delima juga bermanfaat untuk kecantikan.
manfaat buah delima  merah

buah delima merah

Manfaat Buah Delima Merah (Pomegranate)

1. Mengobati  diare dan luka pada usus

Hal  ini dikarenakan buah delima mempunyai zat tanin yang berfungsi menyembuhkan luka khususnya pada saluran pencernaan.

2. Mengurangi resiko penyakit alzheimer

Dalam sebuah studi terhadap tikus yang sudah dibiakkan penyakit Alzheimer, tikus yang diberi asupan buah delima mempunyai kecenderungan memiliki tugas-tugas mental yang lebih baik daripada tikus yang tidak diberi asupan buah delima. Oleh karena itu, buah buah delima dianggap sebagai buah yang baik untuk membantu perkembangan otak bayi bagi ibu yang sedang hamil dan menyusui.

3. Mencegah Asam Urat

Zat kalium dalam buah delima mampu mencegah penyakit asam urat (gout) dan juga mampu mencegah penumpukan plak pada saluran arteri serta menjaga fungsi jantung dengan baik.

4. Mampu Melawan Virus dan Infeksi

Buah delima mengandung banyak sekali zat antioksidan yang mampu melawan virus dan juga infeksi yang terdapat pada tubuh.

5. Menurunkan Kolesterol

Buah delima memiliki unsur detoks, yang membantu untuk mencegah penyumbatan pada saluran-saluran penting dari tubuh termasuk menurunkan kolesterol.

6. Membersihkan Plak Gigi

Karena kandungan zat yang ada dalam buah delima ini bisa membersihkan plak dan membersihkan zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh, maka buah delima ini pun mampu menghilangkan plak pada gigi, 

7. Mengobati Anemia

Buah delima mengandung zat besi yang sangat tinggi sehingga mampu untuk menaikkan hemaeglobin dalam darah. Oleh karena itu penderita anemia sangat dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi buah ini.

8. Mengurangi Hipertensi (Darah Tinggi)

Di lain sisi, karena buah ini sangat baik untuk mencuci darah kotor dan membersihkan plak-plak dalam saluran darah, sehingga buah delima mampu menstabilkan tekanan darah bagi penderita hipertensi atau darah tinggi.

9. Menyembuhkan Osteo Arthritis

Buah delima merah baik bagi penderita osteo arthritis karena kandungan zatnya dapat memberikan efek degradasi kartilago dan memberikan penyembuhan pada tulang rawan. Temuan ini berdasarkan hasil penelitian Case Western Reserve University.

10. Melindungi dan Mencerahkan Kulit

Kandungan buah delima seringkali digunakan untuk produk kecantikan dan perlindungan kulit, Ini dikarenakan buah delima mampu untuk membersihkan kulit apabila digunakan sebagai sabun dan lotion karena sifat buah ini yang bersifat membersihkan jaringan kulit yang sudah kusam dan kotor.

11. Mengobati Kanker dan Diabetes

Satu hal penting manfaat buah delima ini adalah mampu melawan penyakit kanker dan diabetes. Berdasarkan penelitian National Institutes of Health dan clinical trials yang dilakukan atas konsumsi delima merah, ditemukan bahwa buah pomegranate mampu mengurangi kanker prostat dan penyakit diabetes.

12.  Mencegah Penuaan Kulit

Mengkonsumsi jus delima adalah satu lagi pengobatan yang sangat baik untuk kulit yang rusak oleh paparan sinar matahari. Sebuah survei tambahan menunjukkan bahwa penggunaan minyak biji delima ke kulit meningkatkan produksi kolagen. memanfaatkan minyak biji delima efisien dapat mengurangi perkembangan keriput bersama dengan tanda lain yang terkait dengan penuaan.

13. Membantu Mencegah dan Mengobati Jerawat

Jerawat disebabkan terutama oleh ketidakseimbangan hormon atau masalah pencernaan. Mengkonsumsi buah delima secara teratur dapat membantu menghindari jerawat. Selain itu, delima juga mengandung  vitamin C, yaitu anti - oksidan yang efektif yang dikenal untuk melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas.

Cara Mengkonsumsi Buah Delima Merah Pomegranate

Buah delima bisa disajikan sebagai jus buah, campuran rujak buah, atau sebagai salad buah dan tentu saja bisalangsung dimakan dalam keadaan segar dan matang dari pohon.

Legenda Buah Delima

1. Mesir Kuno

Di zaman Mesir kuno orang-orang percaya bahwa dengan mengkonsumsi buah delima akan memberikan umur panjang dan hidup kekal.

2. Masyarakat Cina

Masyarakat cina percaya bahwa biji buah delima yang sangat banyak hingga mencapai sekitar 800 biji tersebut merupakan simbol keberlimpahan rejeki, sehingga delima merupakan salah satu buah yang wajib dalam menyambut  perayaan tahun baru Imlek selain buah jeruk.

3. Kitab Al-Qur'an

Di dalam Kitab suci Al-Qur'an juga menuliskan bahwa buah delima sebagai buah yang baik untuk dikonsumsi dan berkhasiat. Dalam beberapa hadist juga menyebutkan bahwa buah delima memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

Tentu saja banyak sekali manfaat dari buah delima merah ini ya sobat docter buah. Jangan lupa baca juga artikel mengenai manfaat buah bit untuk kesehatan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Kesehatan Buah Delima Merah Pomegranate