Kamis, 07 Mei 2015

Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan, Buah bit adalah tanaman, termasuk buah yang berbentuk umbi, bulat, mirip dengan kentang hanya saja berwarna ungu gelap, kemerahan. Buah bit berasal dari mesopotamia yang kemudian menyebar ke semua negara termasuk asia. Salah satu manfaat buah bit adalah khasiat buah bit untuk menambah energi. Cara mengkonsumsi buah bit bisa dilakukan dengan cara dijadikan jus buah, dijadikan sup, salad atau dibuat menjadi pure buah bit. Jangan lupa untuk membuang bagian kulitnya sebelum memasak buah bit ini.
manfaat buah bit untuk kesehatan

buah bit

Buah Bit mempunyai banyak karbohidrat dalam bentuk gula dengan sedikit kandungan lemak dan protein, yang membuatnya mudah menjadi energi serta kandungan zat besi yang mampu membantu darah mengangkut oksigen ke otak. Walaupun mengandung karbohidrat, namun kalorinya rendah. Jadi menyantap buah bit tidak akan membuat berat badan sobat docter  naik. Sedikit informasi yang saya dapatkan dari sumber wikipedia, Dalam mengkonsumsi jus bit, sebaiknya akar bit dicampur dengan buah atau sayur lainnya, karena akar buah bit saja bisa membuat tali pita sobat kaku dan sulit bicara dalam waktu tertentu, kecuali sobat docter minum jus murni dari akar buah bit organik yang justru akan menyembuhkan kekakuan / kelumpuhan pada pita suara. Namun ada pula yang beranggapan bahwa jus bit adalah jus yang terbaik untuk kesehatan. karena buah bit mengandung gula alami, sodium, potassium, fosfor, kalsium, magnesium, sulfur, klorin, iodine, zat besi, copper, vitamin B1, B2, C dan P. Selain itu kandungan buah bit mampu menyeimbangkan kadar asam dan basa sehingga sangat bagus untuk keseimbangan tubuh kita.

Manfaat buah bit untuk Kesehatan

1. Mencegah Anemia

Anemia atau kurang darah biasanya ditandai dengan gejala tubuh yang kadang menjadi lemas, anemia terjadi karena kekurangan zat besi dalam darah, sehingga sel darah merah yang ada di dalam darah jumlahnya terus menurun. Dengan buah bit, masalah tersebut bisa diatasi karena kandungan zat besi di dalamnya yang tinggi, sehingga oksigen dapat dialirkan dengan lancar oleh darah yang membuat sel darah merah mampu beregenerasi dengan normal kembali.

2. Menjaga Kesehatan Ginjal

Dengan mengkonsumsi buah bit, mampu untuk membersihkan ginjal dan juga empedu dari berbagai zat racun yang masih tertimbun di dalamnya. Sehingga racun-racun yang masih tertimbun di dalam ginjal bisa dikeluarkan melalui urine. Mampu melawan infeksi dan radang serta mengatasi masalah batu ginjal dan menetralkan racun didalam tubuh. Buah bit juga bermanfaat untuk detoksifikasi (pembuangan racun) dan pembersihan isi perut kita, serta bisa mengatasi masalah wasir.

3. Kesehatan Jantung

Buah bit mengandung kalium yang sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi,yang mampu memicu berbagai macam penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi buah bit secara teratur tentunya bermanfaat untuk mengurangi konsentrasi homosistein. Homoseistein adalah suatu zat yang bisa mengakibatkan kerusakan pembuluh darah penyebab stroke.

4. Menghancurkan sel tumor dan sel kanker

Jus buah bit mengandung banyak sekali kandungan oksidan yang dibutuhkan oleh para pasien dengan masalah kanker.

5. Baik untuk Pencernaan

Buah bit mengandung banyak serat yang tentu saja sangat bagus untuk memperlancar pencernaan, dan mampu mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan mual. Ini dikarenakan buah bit mampu melarutkan makanan dan juga membuang zat-zat racun yang berbahaya bagi tubuh. Daun bit juga bermanfaat untuk menanggulangi sakit demam kuning dan pencernaan, cukup dikonsumsi sekali dalam sehari.

6. Menjaga Stamina Tubuh

Buah bit mengandung nitrat yang cukup tinggi, Fungsi dari Nitrat adalah untuk mengurangi pengeluaran oksigen pada saat sobat docter melakukan aktivitas. Selain itu buah bit ini juga bermanfaat untuk melancarkan aliran darah dan menambah energi, sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah bit stamina akan terjaga sehingga tidak mudah sakit.

7. Mengatasi Masalah Ketombe

Dalam mengatasi masalah ketombe di kepala sobat, cobalah untuk merebus buah bit dengan sedikit cuka alami atau apple vinnegar. Lalu oles-oleskan serta pijat lembut psda kulit kepala. Biarkan semalaman dengan cara dibungkus menggunakan handuk dan pada keesokan harinya bilas dan keramas hingga bersih.

8. Menurunkan Tekanan Darah dan Pembuluh Darah

Para ahli di Inggris dan di Amerika Serikat menyarankan penderita hipertensi untuk minum 500 ml jus bit setiap hari. Karena telah terbukti secara nyata dengan minum jus dari umbi bit ini bisa menurunkan hipertensi. Kandungan nitratnya yang juga tmampu menurunkan tekanan darah.

Kandungan Buah Bit

Asam Folat 34%
Fungsi : Menumbuhkan dan mengganti sel-sel yang rusak ,
Kalium 14,8%
Fungsi : Memperlancar keseimbangan cairan di dalam tubuh,
Serat 13,6%
Fungsi : Melancarkan pencernaan
vitamin C 10,2%
Fungsi : Menumbuhkan jaringan dan menormalkan saluran darah,
Magnesium 9,8%
Fungsi : Menjaga fungsi otot dan syaraf,
Triptofan 1,4%,
Zat Besi 7,4%
Fungsi : Metabolisme energi dan sistem kekebalan tubuh,
Tembaga 6,5%
Fungsi : Membentuk sel darah merah,
Fosfor 6,5%
Fungsi : Memperkuat tulang,
Caumarin
Fungsi : Mencegah tumor
Betasianin
Fungsi : Mencegah kanker

Banyak sekali khasiat buah bit untuk kesehatan. Manfaat buah bit ini sangat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari tentunya sobat docter buah. Baca juga artikel tentang manfaat jus buah bit untuk kecantikan. Lengkap sekali ya manfaat buah bit ini. Manfaat buah bit untuk kesehatan dan kecantikan yang tidak pernah kita sadari sebelumnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan