Minggu, 12 April 2015

10 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan dan Kecantikan

10 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan dan Kecantikan, Kopi adalah minuman berkafein yang sangat disukai oleh setiap orang. kopi memiliki zat kafein yang mempunyai antioksidan tinggi. dan banyak sekali manfaat kopi untuk kesehatan, namun kali ini saya akan membocorkan 10 manfaat kopi untuk kesehatan dan juga beberapa manfaat kopi untuk kecantikan.
manfaat kopi untuk kesehatan dan kecantikan

manfaat kopi

Manfaat kopi untuk kecantikan

Ada beberapa manfaat kopi yang sering digunakan untuk merawat kecantikan, sebagai berikut

Kopi untuk masker wajah

Fungsi kopi sebagai masker wajah adalah menjadikan kulit kencang dan mengangkat sel kulit mati. selain itu juga digunakan sebagai krim anti mikroba untuk pembersih wajah.

Perawatan kulit kepala

Menurut sebuah penelitian kandungan kafein yang terdapat pada kopi bisa digunakan sebagai anti kerontokan. Antioksidan disini yang berperan aktif untuk menjaga kulit kepala.

Menyegarkan kulit tubuh

Kopi bermanfaat sebagai pelepasan sel-sel kulit mati yang berpengaruh pada proses peremajaan kulit, sehingga kulit tampak selalu sehat dan bercahaya. Anda bisa menggunakan scrub berbahan kopi sebagai perawatan kulit untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Kopi berguna untuk pedicure dan manicure

Aromaterapik bubuk kopi bisa membantu membersihkan siku hitam dan tumit kaki yang retak menjadi halus karena fungsi dari pelepasan sel sel kulit mati yang maksimal.

Selain itu ada pula manfaat kopi bagi kesehatan tubuh manusia. Dan kali ini saya akan membagikan 10 manfaat kopi untuk kesehatan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

10 manfaat kopi untuk kesehatan

1.  Kopi berfungsi meningkatan memori otak

Kopi bisa membantu meningkatkan memori, baik itu memori jangka panjang maupun pendek. Dalam sebuah studi tahun 2005 para peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi dua cangkir kopi berkafein mampu meningkatkan memori jangka pendek dan kecepatan reaksi. Dan pada tahun 2007 sebuah penelitian menemukan bahwa wanita berusia 65 atau lebih yang rutin minum 3 gelas kopi atau lebih dalam sehari memiliki performa lebih baik dalam tes memori dan kurang mungkin untuk menunjukkan penurunan memori dibanding mereka yang minum hanya satu cangkir kopi dalam sehari.

2. Kopi mampu menurunkan resiko terkena penyakit Parkinson

Sebuah penelitian di tahun 2000 menemukan bahwa konsumsi kafein dan kopi bisa menghasilkan risiko lebih rendah menderita Parkinson. Dalam sebuah studi tahun 2010 juga menemukan bahwa dengan meminum dua sampai tiga cangkir kopi setiap hari menjadikan seseorang memiliki peluang 25 persen lebih kecil untuk mengalami penyakit tersebut.

3. Kopi mengandung antioksidan yang tinggi

Seorang peneliti Harvard, mencatat bahwa kopi memiliki lebih banyak antioksidan daripada kebanyakan sayuran dan buah-buahan.

4. Kopi dapat meningkatkan metabolisme tubuh

Kopi dapat membantu mempertahankan dan juga menurunkan berat badan. Sebuah studi pada tahun 1980 menemukan bahwa kafein yang ditemukan dalam kopi merangsang metabolisme tubuh hanya pada orang “normal” sedangkan pada orang yang mempunyai obesitas mengalami oksidasi lemak yang lebih besar.

5. Kopi mampu meningkatkan kinerja dan performa

Kafein yang terdapat di dalam kopi dapat meningkatkan daya tahan dan kinerja jangka pendek. Dalam penelitian tahun 2008 menyimpulkan bahwa manfaat kafein sebelum latihan tampak dalam endurance (ketahanan), momen stop-and-go dan pada aktivitas intensitas tinggi jangka panjang.

6. Kopi dapat mencegah depresi

Perempuan yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari 15% lebih kecil berkemungkinan mengalami depresi, dan mereka yang minum empat cangkir memiliki resiko 20% lebih rendah.

7. Kopi bisa menurunkan resiko kanker

Mengkonsumsi kopi telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara, endometrium, prostat dan kanker hati, dan mereka yang terkait dengan obesitas, estrogen dan insulin. Karena pada studi tahun 2008 di Swedia telah mencatat bahwa minum setidaknya dua sampai tiga cangkir sehari dapat mengurangi resiko atau menunda timbulnya kanker payudara. dan bagi pria meminum kopi bisa mengurangi resiko terkena kanker prostat.

8. Kopi mengurangi resiko diabetes

Sebuah studi menunjukkan bahwa peminum kopi lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan diabetes tipe 2. Karena pada sebuah laporan di Januari 2012 menjelaskan bahwa efek senyawa yang terkandung dalam kopi mampu menghalangi hIAPP, polipeptida yang dapat menghasilkan serat protein abnormal, yang ditemukan pada orang dengan diabetes tipe 2.

9. Kopi bisa mencegah encok

Sebuah studi tahun 2007 yang ditujukan pada pria dengan usia lebih dari 40 tahun menghubungkan konsumsi kopi jangka panjang dengan rendahnya risiko encok, kondisi peradangan yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat. Baik kopi reguler atau yang tanpa kafein akan memberikan dampak positif, dan mereka yang minum enam cangkir sehari memiliki risiko 60% lebih rendah terhindar dari kondisi encok.

10. Kopi mencegah penyakit batu empedu

Pada tahun 2002 peneliti di harvard menemukan bahwa wanita yang minum setidaknya empat cangkir kopi sehari berada pada risiko 25% lebih rendah dari batu empedu. begitupula dengan penelitian sebelumnya yang ditujukan untuk pria mempunyai hasil yang sama.

Wah banyak sekali manfaat kopi untuk kesehatan dan kecantikan kita. Masih ada banyak artikel menarik docter buah lainnya, dan baca juga tentang khasiat buah jeruk nipis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan dan Kecantikan