Rabu, 29 April 2015

Khasiat dan Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan, Buah duku adalah nama lain dari buah langsat, buah kokosan, buah pisitan atau buah celoring. buah duku juga memiliki nama ilmiah yaitu Lansiun parasiticum. buah duku adalah buah suku Maliceae dan merupakan spesies pohon didalam keluarga mahoni. Duku adalah tanaman yang berasal dari bagian barat Asia Tenggara. Di negara Thailand buah duku disebut dengan longkong, dan di negara Filipina buah duku disebut lanzones. Manfaat buah duku ternyata sangat banyak dan kita jarang mengetahui. khasiat buah duku juga bermacam-macam terutama untuk kesehatan kita.
khasiat dan manfaat buah duku

duku

Berikut adalah Khasiat dan Manfaat yang dimiliki oleh buah Duku

1. Vitamin A

Buah duku kaya akan vitamin, beberapa vitamin yang terkandung didalam buah duku adalah vitamin A, B1 dan B2, dan mineral. Vitamin A merupakan kelompok vitamin yang larut dalam lemak yang meliputi retinol dan karotenoid. Karoten didalam buah duku berupa antioksidan kuat yang dapat melindungi sel dari radikal bebas.

2. Vitamin B

Kandungan vitamin B1 atau tiamin di dalam buah duku, dapat membantu memecah gula dalam tubuh, mendukung pertumbuhan tubuh dan mampu memproduksi sel darah merah. Sementara itu, riboflavin atau Vitamin B2 yang terdapat didalam buah duku juga mampu membantu tubuh melepaskan energi dari karbohidrat.

3. Serat

Di dalam 100 gram buah duku mengandung lebih dari 2 gram serat. Jumlah tersebut mampu memenuhi 8 hingga 11 persen kebutuhan serat untuk wanita dewasa dan 6 hingga 8 persen kebutuhan serat untuk pria dewasa. Makanan tinggi serat bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan mampu membantu mencegah sembelit.

4. Antioksidan alami

Sumber antioksidan alami juga terdapat dalam buah duku. Selain mengandung Vitamin A, buah ini juga mengandung polifenol yaitu sejenis antioksidan alami. Dalam sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2006 dalam "Food Chemistry" ditemukan bahwa buah duku mempunyai kemampuan antioksidan yang mirip dengan buah-buahan tropis lain seperti buah pisang dan pepaya. 

Ternyata buah duku atau buah langsat ini memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat yang jarang kita ketahui. Bahkan kita biasanya hanya memandang sebelah mata buah duku ini karena bentuknya yang kecil dengan biji yang pahit. Setelah kita mengetahui banyaknya manfaat buah duku, serta khasiat yang dimiliki buah duku, teman docter buah jangan lupa membaca juga artikel tentang manfaat kopi untuk kesehatan dan kecantikan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Khasiat dan Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan