Sabtu, 14 Desember 2013

Pepaya si Orange yang mempunyai Manfaat dan Khasiat untuk Kesehatan

Pepaya si Orange yang mempunyai Manfaat dan Khasiat untuk Kesehatan


Pepaya si Orange yang mempunyai Manfaat dan Khasiat untuk Kesehatan - Hmmmm pak dokter ini membahas tentang Buah pepaya si buah berwarna orange ini ternyata memiliki berbagai macam manfaat dan khasiat, tanaman pepaya atau yang mempunyai nama latin Carica pepaya dikenal sebagai tanaman multiguna, karena hampir seluruh bagian tanamannya ini dapat dimanfaatkan sebagai makanan, obat, kecantikan maupun sebagai makanan untuk ternak. tapi bukan sekedar itu saja manfaatnya, berikut adalah manfaat dan khasiatnya antara lain.

Mengobati sakit malaria
Ambil 1 lembar daun pepaya muda yang masih segar sekucupnya, lalu rebus. Tiriskan dan didinginkan. Cara menggunaknnya, rebusan daun pepaya muda dimakan sebagai lalapan. Atau, air perasan daun pepaya diminum.

Mengatasi ubanan
Ambil 30 gram biji pepaya yang telah matang disangrai, lalu bijinya dihaluskan hingga menjadi bubuk, tambahkan 1 sendok makan minyak kelapa, aduk rata. Cara menggunakan , ramuan dioleskan pada rambut hingga merata. Biarkan selama 1-2 jam setengah itu bersihkan. Lakukan 1 kali seminggu.

Untuk melancarkan ASI
Gunakan 30 gram daun pepaya diremas-remas, lalu diletakkan di atas api hingga daun pepaya tersebut menjadi layu. Cara menggunakan, daun pepaya tersebut tempelkan selagi hangat di sekeliling daerah itu.

Untuk penderita luka bakar
Ambil getah pepaya yang masih muda. Cara menggunakan, getah pepaya muda tersebut dioleskan pada luka bakar. Atau pepaya muda dihaluskan. Kemudian dibaurkan pada bagian yang sakit atau dikompres. Lakukan hingga sembuh.

Mengobati jerawat
Ambil 30 gram daun pepaya yang sudah tua dijemur sebentar, lalu dihaluskan dan tambahkan 30 cc air. Cara menggunakan, ramuan digunakan sebagai masker pada kulit yang berjerawat. Lakukan secara rutin hingga jerawat kering. Hindari terkena mata.

Reumatik
Ambil 30 gram akar pepaya, 20 gram daun jeruk nipis, 15 gram sambiloto segar, 20 gram daun ketepeng china, 30 gram daun sirih segar, 5 buah cabai rawit. Semuanya bahan dihaluskan dan direndam dalam alkohol 75 persen selama 7 hari. Ramuan diperas dan disaring. Airnya digunakan untuk menggosok dan mengurut bagian yang sakit. Lakukan 2-3 kali sehari. Atau gunakan ½ sendok teh getah pepaya gantung, ½ sendokteh getah batang sesuru, minyak kayu putih secukupnya diaduk rata lalu digunakan untuk menggosok bagian yang sakit. Lakukan secara rutin.

Susah buang air besar
Gunakan 300 gram pepaya masak yang telah dikupas kulitnya. Lalu pepaya diiris iris kecil dan direndam dengan air garam secukupnya. Kemudian pepaya tersebut di makan. Lakukan dua kali sehari. Konsumsikan pepaya matang secara teratur.


Radang ginjal
Ambil 30 gram akar pepaya dibersihkan, direbus dengan 800 cc hingga tersisa 450 cc saring secukupnya. Cara menggunakan, ramuan diminum 3 kali sehari masing-masing 150 cc. Atau gunakan 30 gram akar pepaya dibersihkan, 15 gram tanaman kumis kucing segar, 30 akar alang-alang direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, kemudian disaring dan diminum. Lakukan 2 kali sehari masing-masing 200 cc.

Nyeri  perut saat haid
Gunakan 30 gram daun pepaya, 30 gram kencur, 15 gram buah asam, garam secukupnya. Semua bahan ditumbuk hingga halus dan tambahkan air masak secukupnya. Lalu ramuan diperas hingga tertampung 200 cc. Cara menggunakan ramuan diminum pada sat haid.

Haid yang berlebihan
Gunakan 200 gram pepaya muda, 100 gram rimpang teratai direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Cara menggunakan, air rebusan pepaya muda tersebut diminum dan bahan lainnya diamakan.







Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pepaya si Orange yang mempunyai Manfaat dan Khasiat untuk Kesehatan