Sabtu, 14 Desember 2013

Nanas buah yang mempunyai Manfaat dan Khasiat, Tetapi juga bisa membuat GUGUR kandungan

Nanas buah yang mempunyai Manfaat dan Khasiat, Tetapi juga bisa membuat GUGUR kandungan


Nanas buah yang mempunyai Manfaat dan Khasiat, Tetapi juga bisa membuat GUGUR kandungan - Manfaat Buah Nanas, Buah ini begitu popular sebagai salah satu buah yang biasa dibuat rujak. Buah ini berasal dari Brazil dan sring disebut nenas atau ananas ini merupakan tanaman yang berhabitat di daerah tropis. Nama latin buah ini adalah Ananas comosus, sedangkan nama nanas sendiri sesungguhnya berasal dari kata anana yang artinya buah yang sangat baik, sebutan yang biasa dilakukan orang-orang Tupi. Buah nanas ini juga disebut pineapple oleh orang Barat ini memiliki topi yang indah pada bagian atas buahnya ini tergolong family Bromeliaceae. Pohon nanas umumnya pendek, berdaun panjang mirip daun pandan dengan sisi-sisnya memilki duri yang tajam.

Dalam buku berjudul Atlas Tumbuhan Obat Indonesia yang dibuat oleh Dr. Setiawan Dalimartha, dijelaskan bahwa buah nanas juga berpotensi sebagai tanaman kesehatan yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit tertentu. Misalnya kandungan enzim bromelain pada buah ini berpotensi sebagai obat antri radang, mengurangi pembengkakan, dan bisa membantu melancarkan pencernaan, karena efeknya yang bisa melunakkan makanan di lambung. Di samping itu, zat ini juga bisa menghalangi perkembangan sel kanker dan mencegah terjadinya penggumpalan darah (blood coagulation) dan juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Keberadaan enzim bromelain juga sangat bermanfaat dalam membantu menyeimbangkan kadar asam dalam darah. Kandungan air yang berlebih pada tubuh kita dapat berkurang jika rajin mengonsumsi buah nanas ini, sehingga efeknya bisa membantu menyembuhkan penyakit Edema. Pada buah nanas juga mengandung zat asam aspartic yang fungsinya bisa membuang asam ammonia yang merupakan racun berbahaya dari dalam tubuh kita. Sedangkan kandungan seratnya yang cukup tinggi bisa membantu melancarkan proses BAB (Buang Air Besar). Bagi orang yang sakit sangat dianjurkan mengonsumsinya, karena di dalamnya terdapat beberapa zat yang bisa membantu penyerapan obat di dinding usus.


Buah bersisik pada kulitnya dan rasa daging buahnya yang asam ini ternyata bisa meningkatkan sistem pertahanan tubuh. Nanas dapat meyembuhkan beberapa penyakit yang mengerikan seperti tumor, aterosklerosis(penyempitan pembuluh darah), dan beri-beri, karena nanas mengandung vitamin A, vitamin C, besi, magnesium, kalsium, fosfor, natrium, kalium, sukrosa, dekstrosa, dan enzim bromelain. Buah dan daun nanas ternyata juga sangat efektif untuk perawatan kecantikan. Enzim yang terdapat dalam daun dan buahnya bisa membersihkanjaringan kulit yang mati (ski debriment). Pada sebuah penelitian yang dilakukan sekelompok ahli terhadap hewan tikus yang terkena luka bakar, terbukti enzim yang terdapat dalam daun dan buah nanas dapat memperbaiki jaringan kulit yang mati. Enzim tersebut bekerja secara konsisten sampai jringan kulit yang baru muncul menggantikan jaringan lama yang rusak.


Disamping bermanfaat, nanas juga memiliki efek negatif seperti tertera dibawah ini


Penderita Reumatik
Bagi penderita rematik, sebaiknya jangan mengonsumsi buah ini. Ketika buah nanas yang kita konsumsi sudah berada dalam saluran pencernaan, maka makanan tersebut akan terfermentasi menjadi alkohol yang bisa merangsang timbulnya rematik.

Alergi dan Pusing
Bagi sebagian orang, terlalu banyak mengonsumsi buah nanas beresiko menimbulkan sakit kepala dan reaksi alergi dengan gejala seperti kulit menjadi merah dan gatal. Oleh karena itu, untuk mengurangi dampak negatif tersebut, bisa dilakukan dengan cara merendam potongan buah nanas tersebut ke dalam air hangat yang sudah dicampur garam secukupnya. Pada kasus alergi yang cukup serius, dampaknya bisa membuat bibir dan mulut menjadi bengkak.

Gugurnya Janin
Bagi wanita yang sedang hamil muda, sebaiknya menghindari makan buah nanas terutama nanas muda, karena memiliki sifat antelmintik dan abortivum yang dapat memicu kontraksi, sehingga berpotensi menggugurkan kandungan. Di sisi lain, bagi wanita yang terlambat haid justru dapat membantu dalam memperlancar haid.

Diabetes
Bagi penderita diabetes, sebaiknya jangan mengonsumsi nanas secara berlebihan. Zat gula yang dikandung dalam buah ini cukup tinggi dan sangat berbahaya bagi penderita diabetes.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Nanas buah yang mempunyai Manfaat dan Khasiat, Tetapi juga bisa membuat GUGUR kandungan