Sabtu, 14 Desember 2013

Menurunkan Kolesterol dengan Hidangan Kaya Akan Serat

Menurunkan Kolesterol dengan Hidangan Kaya Akan Serat



Menurunkan Kolesterol dengan Hidangan Kaya Akan Serat - Pada Kali ini Dokter ini berbagi sedikit tips untuk Menurunkan kolesterol, mengkonsumsi hidangan Sehat kaya akan serat, rendah lemak dan kolesterol. Makanan sehat dari yang ringan hingga mengeyangkan ini bisa menjadi pilihan. Karena dari yang sederhana kita dapat mendapatkan manfaat dan khasiat yang luar biasa untuk kesehatan kita sehari-hari, tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, hanya kita harus bisa mengatur pola makan dan kehidupan maupun kebiasaan kita setiap harinya.



Hidangan ini terutama cocok bagi pengidap hipertensi, hiperkolesterol, hipertrigliserida (kadar kolesterol / trigliserida darah berlebihan), maupun diabetes. Selain itu, sajian ini sangat baik bagi Anda yang ingin tetap sehat. Serat membantu membuang kelebihan lemak darah dan mengendalikan kadar gula darah. Asupan lemak dan kolesterol terbatas menyusutkan naiknya kadar lemak darah, khususnya lemak jahat LDL (Low Density Lipoprotein), yang berpotensi untuk meningkatkan stroke dan serangan jantung.


Tips Untuk menurunkan kolesterol hidangan :

  • Batasi konsumsi daging merah (misalnya daging sapi), ayam ras, kuning telur. Jauhi Gajih hewan dan kulit ayam. Ayam kampung dan telur ayam kampung lebih sehat.
  • Hindari mentega, margarin, minyak bekas menggoreng yang telah mengental. Manfaatkan minyak zaitun extra virgin sebagai minyak salad. Gunakan minyak kelapa untuk menggoreng dengan api sedang.


Tips Untuk meningkatkan kandungan serat hidangan:

  • Utamakan makanan alami atau sedikit mengalami pemrosesan. Contoh spageti dari gandum berkulit ari (whole wheat spaghetti), beras merah, ketan hitam. Hindari atau batasi makanan kalengan, olahan, dan awetan.
  • Perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan segar.
  • Jangan lupakan kacang-kacangan, seperti kacang merah, kacang tolo, kacang hijau, kedelai, dan tempe.
  • Agar-agar bagus untuk pencernaan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Menurunkan Kolesterol dengan Hidangan Kaya Akan Serat