Sabtu, 14 Desember 2013

Menambah Berat Badan Secara Alami

Menambah Berat Badan Secara Alami - Kali ini saya ingin membagi sedikit tips menambah berat badan dengan cara yang alami. Saat yang lain berbondong-bondong mencari ramuan untuk merpertahankan, bahkan mengurangi berat badan, sebagian justru terjebak dalam raga yang terlalu kurus. Apa yang meyebabkan seseorang tidak bisa gemuk? Bagaimana cara menambah berat badan? yuk kita simak artikel ini.
menambah berat badan secara alami
menambah berat badan
Anda dikategorikan Underweight atau kurus jika Indeks Massa Tubuh (IMT) berada di bawah 18,5. Jika angka IMT di bawah 16,5 maka Anda termasuk sangat kurus atau anorexic. Nilai IMT diperoleh dengan membagi berat tubuh (dalam kg) dengan tinggi (dalam meter) kuadrat. Lantas, mengapa seseorang bisa memilliki tubuh yang kurus, bahkan anoreksisk? Salah jika Anda mengira jawabannya sebatas porsi dan kalori makanan yang diasup saja. Selai factor genetis, system metabolism yang cepat juga bisa mengakibatkan sseorang sulit gemuk. 

Di samping itu, energi juga lebih cepat terkuras. Alhasil, Anda jadi lebih sering letih dan malas, yang ujung-ujungnya mengganggu konsentrasi dan produktivitas di sekolah, maupun di tempat kerja. Jadi, bagaimana cara mengatasinya? Setidaknya ada 8 cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat tubuh lebih serasi.
1. Perhatikan Proporsi Makan
Kata kuncinya adalah memilih makanan yang tepat dan sehat. Perbanyak sayuran, buah dan bahan makanan yang serat karbohidrat kompleks serta protein. Proporsi ideal adalah 30-50% protein, 20-50 karbohidrat, dan 20-40% lemak. Khusus untuk lemak, sebaiknya Anda memilki jenis lemak omega-3 dan omega-6.
2. Perbanyak Kalori
Untuk menambah bobot sebanyak 0,5 kg, Anda butuh tambahan kalori dari makanan setidaknya 3.500 kalori. Dari mana kalori tambahan tersebut? Anda bisa memanenya dari gandum yang belum diproses, daging, telur dan susu. Selain itu, biasakan makan setidaknya tiga kali sehari, dan pilih makanan karbihidrat kompleks. Jika perut sudah keroncongan sebelum waktunya, Camilan berprotein tinggi akan menjadi dewa penolong Anda.
3. Cukupi Protein
Makanan yang tinggi protein, seperti telur, daging, ayam dan ikan, akan membantu membentuk dari memperkuat otot. Jika Anda vegetarian, perbanyaklah asupan polong-polongan dan kacang.
4. Pintar Dalam Memilih Minuman
Kalori tambahan juga bisa berasal dari minuman, seperti koktail atau jus buah,susu dan susu kocok. Meski begitu, air putih tetaplah pilihan terbaik untuk melepaskan dahaga.
5. Memilih Makanan dengan kandungan Lemak Baik
Walaupun hasrat untuk memilki tubuh berisi sudah tak terbendung, Anda tetap harus memilih jenis lemak yang akan dikonsumsi. Pilihan terbaik adalah asam lemak omega-3 dan omega-6, yang banyak terdapat pada walnut, alpukat, buah zaitun dan ikan salmon.
6. Nyemil Dengan Bijaksana
Nyemil adalah salah satu cara termudah untuk menambah kalori. Tetapi, harus bijak dan selektif. Camilan yang mengandung karbohidrat dan protein tinggi adalah pilihan paling pas. Begitupun buah yang sudah dikeringkan, yang mengandung kalori lebih tinggi dibandingkan buah segar.
7. Rajin Olahraga
Jika ingin menambah bobot, lakukan olahraga berinsitas tinggi, dan berfrekwensi rendas. Misalnya, jika jadwal gym Anda 3-4 kali seminggu, usahakan agar durasi olahraga kunjungan tidak melebihi satu jam. Selain itu, sebaiknya Anda tidak berlatih beban, agar kelompok otot besar bisa terbentuk.
8. Cukup Tidur
Cukupi durasi tidur ideal selama 7-8 jam per malam. Sebelum beranjak ke tempat tidur, minumlah segelas susu hangat terlebih dahulu. Selain membantu mempercepat proses tidur, Anda juga mendapat tambahan kalori. Poin terakhir adalah kesabaran. Seperti halnya menurunkan berat badan, menambah berat badan juga butuh waktu. Karena itu, Anda harus konsisten, dan tidak mudah menyerah. Dukungan dari teman, pasangan dan keluarga akan sangat membantu mempertahankan motivasi Anda

Seperti itulah kiat-kiat dan tips cara menambah berat badan secara alami versi docterbuah. Salam

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Menambah Berat Badan Secara Alami