Sabtu, 14 Desember 2013

Melindungi Kulit dari Penuaan Dini dan Sinar Matahari

Melindungi Kulit dari Penuaan Dini dan Sinar Matahari

Melindungi Kulit dari Penuaan Dini dan Sinar Matahari - Kali ini Dokter Mau Berbagi sedikit Tips Masalah Kulit, Sinar matahari diketahui dapat menyebabakan kulit kering, pigmentasi, penuaan dini dan bahkan kanker kulit. Untuk melindungi kulit dari ancaman ini, penting untuk menggunakan sunscreen setiap saat. Yang juga penting adalah, pilih produk yang tepat. Berikut ini beberapa istilah yang harus diperhatikan saat membeli sunscreen.



Angka SPF
Sunscreen melindungi kulit terhadap radiasi ultraviolet (UV). Angka SPF menunjukkan banyaknya banyaknya perlindungan yang didapatkan jika Anda mengoleskan sunscreen. Sunscreen dengan SPF 30 misalnya, memberikan perlindungan 30 kali disbanding ketika tidak mengenakan sunscreen. Jika kulit Anda menjadi merah sesudah setengah jam terpapar sinar matahari, SPF 30 memberikan perlindungan selama 30 x 30 menit = 90 menit. Sesudah itu, harus mengoleskan ulang agar kulit tetap terlindungi. Sunscreen dengan SPF 30+ memblokir 96% sinar UV dan memberikan perlindungan 2 kali disbanding sunscreendengan SPF 15. Pada kenyataannya, kita sulit mencapai kadar perlindungan seperti dikatakan SPF karena perlindungan yang didapatkan juga ditentukan jumlah yang dioleskan, cuaca dan jenis kulit Anda. Kebanyakan orang mengoleskan terlau sedikit sunscreen sehingga hasil hasil yang didapatkan berkurang antara 50 80% dari angka SPF. Tak ada sunscreen yang memberikan perlindungan 100% terhadap sinar UV. Semakin tinggi angka SPF, semakin sedikit radiasi pembakaran sinar matahari yang mencapai kulit. Tapi perlu di inga, jumlah yang sedikit ini jika terakumulasi dapat menyebabkan kulit terbakar jika terlalu lama terkena sinar matahari.

UVA
Sinar ultra violet ini menyebabkan penuaan pada kulit. Termasuk sinar gelombang panjang sehingga dapat dipenetrasi sampai ke lapisan dermis atau lapisan dalam dari kulit. UVA juga menyebabkan radikal-radikal bebas yang merusak elastin dan kolagen yang menyangga struktur kulit dan membantu membuat kulit tampak muda. Sinar UVA terdapat di sepanjang tahun.

UVB
Merupakan sinar gelombang pendek yang hanya mengenai permukaan kulit. Dapat menyebabkan kulit terbakar dan kanker. Paling keras pada musim panas ketika matahari bersinar paling panas.

Vitamin E / Antioksidan
Vitamin E dan antioksidan di dalam sunscreen menetralkan radikal-radikal bebas yang diciptakan sinar matahari.

Infra merah
Kendati jumlah yang dipancarkan matahari tidak berbahaya, sinar infra merah membuat kulit jadi panas sehingga rentan terhadap kerusakan UVA dan UVB.


Photostable
Sunscreen yang pada labelnya tercantum istilah photostable artinya, tingkat keefektifannya tidak berkurang karena sinar matahari. Sunscreen yang tidak photostable dapat kehilangan kekuatan perlindungannya.

Broad spectrum
Artinya Sunscreen tersebut memberikan perlindungan terhadap semua sinar UVB dan sebagian besar sinar UVA.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Melindungi Kulit dari Penuaan Dini dan Sinar Matahari