Sabtu, 14 Desember 2013

Manfaat Anggur bagi kesehatan

Manfaat Anggur bagi kesehatan

Manfaat Anggur bagi kesehatan - Anggur  yang termasuk golongan tanaman buah yang  berupa perdu merambat dan masuk ke dalam keluarga Vitaseae. Buah ini sering dijadikan minuman anggur, jus anggur, minyak biji anggur, jelly, kismis, dan minyak biji, ataupun dikonsumsi tanpa diolah. Buah lezat ini juga mengandung banyak senyawa "polifenol" dan "resveratrol" yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan juga penyakit lainnya. Hal ini disebabkan karena adanya kaitan senyawa metabolit sekunder sebagai senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Buah anggur sangat baik dikonsumsi, baik ketika masih segar maupun kering. Buah ini mudah dicerna usus, menyuplai gizi, dan dapat menggemukkan badan. Anggur hijau dan merah dapat dijadikan obat, makanan, ataupun minuman. Manfaat buah yang bergizi tinggi ini cukup banyak, bahkan banyak yang percaya kalau anggur bisa mengobati berbagai penyakit seperti batuk, lambung, membersihkan usus dan pencernaan, memurnikan darah, serta bisa digunakan untuk melakukan diet.

Salah seorang ahli pengobatan mengatakan bahwa anggur juga memiliki manfaat sebagai obat untuk mendukung pengobatan pernapasan. Dengan Cara yaitu dengan mengolah anggur menjadi jus. Di samping itu, air perasan anggur juga berkhasiat menurunkan panas tubuh, menghentikan batuk, dan membuat perut merasa nyaman. Menurut Thalbah, jus anggur bisa membantu penyembuhan penyakit wasir, gangguan pencernaan, batu ginjal, dan gangguan kantong empedu. Oleh sebab itu, para peneliti menganjurkan untuk meminum segelas jus anggur, sebelum sarapan dan sebelum makan malam. Bahkan meminum segelas jus anggur sebelum tidur juga bisa membantu Anda tidur nyenyak tanpa Insomnia yang mengganggu. Jus anggur juga baik untuk orang-orang yang keracunan, keletihan, atau dalam masa penyembuhan, atau terena batu ginjal.

Namun, dibalik lezatnya si Buah Anggur tersebut, kita juga wajib berhati-hati karena, disamping banyak khasiatnya, buah anggur juga ternyata bisa menyebabkan efek samping yang negatif dan gangguan kesehatan yang berbahaya bagi tubuh kita. Buktinya, bentuk anggur yang lunak dan berkulit tipis sangat rentan terkontaminasi pestisida. Para petani sering memakai pestisida secara berlebihan untuk mengusir ngengat anggur dan hama lainnya. Kita juga kadang-kadang lalai tidak mencuci buah anggur yang baru saja dipetik dari kebun atau baru sajamembelinya dari pasar, dan langsung saja memakannya karena sudah tak sabar. Padahal, kita tak pernah tahu berapa banyak pestisida dan bakteri yang menempel di kulit buahnya. Para peneliti di Universitas Kingston di London baru saja melaporkan hasil penelitian meraka atas anggur dari 16 negara, lewat tulisan mereka dalam Chemistry Cental Journal. Mereka mendapatkan banyaknya kandungan logam pada sebagian besar anggur merah dan anggur putih yang mereka teliti, bahkan di atas batas toleransi. Penelitian yang dipimpin oleh Profesor Declan Naughton dan Dr. Andrew Petroczi itu menemukan kandungan tujuh jenis logam utama yakni chromium, nickel, vanadium, mangan, timal, zink, dan tembaga. Berdasarkan Target Hazzard Quotients (THQ), batas maksimum logam-logam yang tidak membahayakan kesehatan adalah 1,0 THQ untuk setiap 250 ml anggur. Kenyataannya, hasil penelitian itu mendapatkan kandungan rata-rata logam-logam itu antara 30-80 THQ. Tentu saja ini sangat tinggi dan sangat berbahaya bagi kesehatan. Logamlogam tersebut bila dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan penyakit otak seperti Parkinson, bahkan penyakit kanker.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Anggur bagi kesehatan