Sabtu, 14 Desember 2013

Bawang Putih Mempunyai Manfaat dan Khasiat Buat Kesehatan

Bawang Putih Mempunyai Manfaat dan Khasiat Buat Kesehatan

Bawang Putih Mempunyai Manfaat dan Khasiat Buat Kesehatan - Kali ini Pak Dokter mau berbagi manfaat tentang "Bawang Putih". Bawang putih Dengan nama latin Allium sativumini, bawang putih merupakan satu dari 7 anggota keluarga bawang-bawangan. Di Cina, bawang putih dikenal dengan nama suan dan kegunaannya bukan hanya sebagai bumbu, melainkan juga sebagai obat seperti penurun panas dan antibiotic dengan cara dicampur minuman teh. Di India, bawang, bawang putih digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan luka dan borok. Di Jepang, bawang putih dimakan dalam bentuk juice dan makanan ini sangat mudah didapatkan hampir di setiap sudut Kota Jepang. Orang Jepang mengganggap bawang putih mengandung eksostis yang paten. Sedangkan di Indonesia, bawang putih ini digunakan sebagai bumbu masak yang sangat popular.

Khasiat dari bawang putih memang beragam, salah satunya adalah mengobati penyakit kutil. Caranya pun mudah, hanya dengan menempelkan bawang putih yang sudah dikeprek pada kutil dan didiamkan selama 30 menit. Kulit akan terasa panas dan kutil akan menghitam. Keesokan harinya, Anda terbebas dari kutil. Selain itu, penderita diabetes pun sering menggunakannya untuk obat menurunkan kadar gula. Lalu, apa kandungan bawang putih sehingga bisa dijadikan obat, berikut penjelasannya :


  1. Kandungan protein.
  2. Vitamin A, B-1, dan C.
  3. Kandungan mineral penting seperti kalsium, magnesium, kalium, besi, selesium, dan asam amino penting.

Ramuan bawang putih dianggap baik dalam mengobati penyakit. Berikut adalah sebagian dari manfaatnya.


  1. Mengurangi tingginya kadar gula darah dan mengatur tingkat gula yang berbahaya.
  2. Mengurangi tekanan darah tinggi dan mengendalikan aliran darah pada organ tubuh.
  3. Menghentikan pembekuan darah di pembuluh darah tubuh.
  4. Meningkatkan kerja enzim-enzim dalam hati dan membuang racun dari dalam tubuh, sehingga bermanfaat bagi orang yang dalam pengobatan dan perawatan kanker.

Bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat, daun bawang putih juga memiliki bahan alami yang dapat menghilangkan kandungan merkuri yang mematikan. Namun, jangan terlalu overdosis mengonsumsinya, sebab bawang putih pun memiliki efek-efek negatif

Seperti Dibawah Ini :


  • Bau napas dan kulit.
  • Alergi.
  • Gangguan pencernaan.
  • Asma bronkial.
  • Dermatitis.
  • Mengurangi kadar protein dan kalsium dalam darah.
  • Mengurangi produksi sperma.
  • Meningkatkan risiko pendarahan.
  • Merangsang selaput lendir bagi penderita penyakit jantung.


Untuk mengurangi baunya maka dalam mengolah bawang putih bisa dicampur telur, sayuran atau daging, namun proses tersebut dapat mengurangi enzim allinase yang terkandung di dalamnya. 4-5 gram bawang putih segar perhari atau kira-kira 1-2 siung merupakan dosis yang disarankan dalam mengonsumsi bawang putih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bawang Putih Mempunyai Manfaat dan Khasiat Buat Kesehatan