Sabtu, 14 Desember 2013

Apel buah yang dapat merusak Gigi

Apel buah yang dapat merusak Gigi


Apel buah yang dapat merusak Gigi - Dibalik Manfaat dan khasiat buah Apel yang sangat banyak sekali tetapi hati-hati buah Apel yang dapat menghancurkan gigi. Keberadaan buah apel sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Tanaman ini dibudidayakan untuk pertama kalinya sebagai tanaman konsumsi oleh masyarakat Asia Barat. Kemudian tanaman ini, oleh para kolonis dibawa masuk ke benua Amerika pada abad ke-17. Sejak saat itu, pohon apel berkembang pesat ke berbagai belahan dunia, terutama di daerah yang berhawa dingin dan sejuk. Bahkan, sekarang buah ini sudah menjadi makanan yang penting, khususnya di dataran Asia, Eropa, Argentina, dan Amerika Serikat.
Pohon apeld engan nama latin Malus domestica ini sangant bermanfaat bagi manusia. Menurut hasil penelitian dari Kings College London Dental Institute, buah apel mampu menangkal berbagai macam penyakit, tetapi jika dikomsumsi secara berlebihan, justru menjadi sangat berbahaya bagi kesehatan gigi, bahkan resikonya jauh lebih tinggi dan lebih berbahaya jika dibandingkan dengan minuman bersoda.
Mengapa buah apel tidak baik bila dikomsumsi secara berlebihan ? Ternyata buah apel mengandung kadar gula yang sebanding dengan empat sedok teh gula pasir, serta mangandung zat asam yang mampu meningkatkan tingkat keasaman mulut. Ternyata, bukan hanya apel yang memiliki kandungan zat asam dan kadar gula yang dapat berbahaya bagi kesehatan gigi, buah-buahan lain pun ada yang berisiko sama. Oleh sebab itu, untuk mengurangi berbagai ancaman kerusakan gigi karena mengonsumsi buah, Dr. Glenys Jones dari Medical Research Council memberikan beberapa tips yang bermanfaat. Beliau mengatakan bahwa, Meminum jus buah dengan sedotan merupakan salah satu cara melindungi gigi. Selain itu, biasakan menggosok gigi sebelum mengonsumsi buah untuk membuat benteng antara gigi dan makanan. Dr.Glenys juga menyarankan agar kita mau minum segelas air putih setelah mengonsumsi buah apel guna menetralisir zat asam yang terkandung di dalamnya.

Apel juga termasuk tanaman yang sangat rentan terhadap penggunaan pestisida.  yang mengakibatkan system hormone, kemunduran IQ pada anak, kerusakan system syaraf, dan kanker dengan pestisida. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Apel buah yang dapat merusak Gigi