Sabtu, 14 Desember 2013

Agar-agar, Manfaat dan Khasiatnya

Agar-agar, Manfaat dan Khasiatnya

Agar-agar, Manfaat dan Khasiatnya - Dari dulu sejak Pak Dokter Masih kecil dijelakan kalau agar-agar sudah dikenal sebagai makanan yang mendapat izin sebagai makanan konsumsi khusus perawatan kesehatan Jepang.
Manfaat dan khasiat, Agar-agar sebagai pembentuk kesehatan perut, serat makanan rumput laut. Bahan dasar agar-agar seluruhnya adalah jenis rumput laut khusus penghasil agar-agar. Agar-agar merupakan makanan yang kaya kandungan serat makanan asal rumput laut, terdiri dari 2 jenis serat makanan sekaligus yaitu serat larut dan serat tidak larut dan rendah kalori. Agar-agar.
Mengkonsumsi serat makanan hanya bersifat hidrofilik atau menyerap air dapat mengganggu penyerapan nutrisi, menyebabkan ileus (penyumbatan usus), bahkan dehidrasi. Serat makanan pada agar-agar, tidak hanya tinggi kandungan serat makanan pada agar-agar, tidak hanya tinggi kandungan serat makanannya tetapi juga memilki sifat ganda, yaitu hidrofilik yang menyerap air sekaligus sineresis yang melepaskan air. Selama proses pencernaan, keseimbangan penyerapan air oleh agar-agar relatif cepat tercapai, demikian pula pelepasan air relatif mudah terjadi. Dengan demikian, resiko kehilangan nutrisi, sumbatan usus, dan dehidrasi dapat dihindari. Itulah sebabnya mengapa agar-agar sangat baik dan aman untuk anak-anak, dewasa hingga para manula. Hanya dengan mengkonsumsi agar-agar 2 gr/hari, dapat memperbaiki pencernaan. 

Beberapa di antaranya merupakan manfaat dan khasiat dariagar-agar. 

Membantu Mengurangi Risiko Penyakit Arthritis
Agar-agar terbuat dari gelatin alami yang dapat membantu untuk meningkatkan pelumasan sendi dan mencegah kondisi arthritis pada perempuan. Agar-agar juga membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh nyeri sendi.

Dapat Mengurangi stres

Asam amino esensial yang hadir dalam agar-agar membantu dalam mengurangi stres. Hal ini juga membantu untuk mengurangi tanda-tanda depresi ringan pada perempuan.

Dapat Menyehatkan kulit
Agar-agar mengandung asam amino alami, yang baik untuk kulit. Ini membantu dalam pembentukan sel-sel baru dalam tubuh. Kandungan tersebut juga membantu mencegah tanda-tanda normal dari penuaan. Lainnya, agar-agar baik untuk produksi kolagen. Agar-agar kaya asam aspartat, yang membantu dalam proses regenerasi sel. 

Untuk Memelihara kesehatan rambut
Agar-agar kaya sumber asam folat, yang membantu untuk menjaga kesehatan rambut. Hal ini membantu untuk mencegah masalah rambut yang menipis dan rontok.

Baik untuk Mengontrol Berat Badan

Agar-agar rendah kalori, sehingga hal bisa menjaga berat badan yang ideal. Tidak seperti produk manis lainnya, tidak terlalu tinggi kandungan gula.


Membantu untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh 
Agar-agar kaya akan karbohidrat dan vitamin B yang membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Kebanyakan orang lebih memilih untuk mengonsumsi agar-agar setelah sesi latihan atau saat mereka mengalami depresi.

Membantu untuk Mengurangi Kolesterol yang Jahat

Semua orang tahu tentang tingkat kolesterol jahat dalam tubuh yang bisa menyebabkan serangan jantung. Agar-agar membantu mengurangi kolesterol jahat, yaitu LDL, dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. 


Mengurangi Gangguan Kulit

Agar-agar memiliki jejak Inositol dan Niacin, yang membantu mencegah gangguan kulit. Bahkan, seringnya mengonsumsi agar-agar membantu mengurangi gangguan kulit seperti rosacea dan jerawat. (Magforwomen/Nana Febrina/Eno)


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Agar-agar, Manfaat dan Khasiatnya